AKSI SAHABAT PARAMADINA PEDULI THALASSAEMIA

Thalassaemia adalah suatu penyakit darah serius yang bermula sejak awal kanak-kanak. Anak-anak yang menderita Thalassaemia tidak dapat membentuk hemoglobin yang cukup dalam darah mereka, dan memerlukan transfusi darah setiap bulan berikut perawatan medis agar dapat bertahan hidup.
Di Indonesia, ditemukan tidak kurang dari 200.000 orang pembawa sifat Thalassaemia dan setiap tahun, setidaknya tidak kurang dari 3.000 anak lahir dengan penyakit tersebut (sumber: Buku Thalassaemia YTI/ POPTI). Yang memprihatikan 90 % pengidap penyakit ini berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah (sumber: RSCM Jakarta), padahal mereka mau tidak mau harus melakukan transfusi darah seumur hidupnya yang notabene memerlukan biaya yang sangat besar.
Oleh karenanya, Komunitas Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina berinisiatif untuk mengadakan fund raising  selama dua minggu berturut – turut yakni dari tanggal 11-20 Oktober 2010 untuk meringankan beban para penderita Thalassaemia. Adapun baksos yang bertajuk AKSI SAHABAT PARAMADINA PEDULI THALASSAEMIA ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo Jakarta selaku RS pusat yang menangani penyakit Thalassaemia, YTI (Yayasan Thalassaemia Indonesia), dan POPTI (Perhimpunan Orang Tua Pengidap Thalassaemia Indonesia).
Selain menunjukkan kepedulian sosial terhadap penderita, aksi ini diharapkan dapat meningkatkan awareness generasi muda terhadap penyakit Thalassaemia dan berupaya untuk meminimalkan jumlah penderita penyakit keturunan ini dengan menggalakkan kampanye ”PERIKSALAH DARAH SEBELUM MENIKAH”
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

COMMUNICATION WEEK 2018

COMMUNICATION WEEK 2017

Sahur On The Spot!